23/10/11

unforgotten..Nusa Lembongan

Kunjungan singkat itu bikin saya ga bisa lupa dan ingin kembali ke pulau kecil yang satu ini. Berawal dari ajakan seorang dosen untuk membantu penelitiannya tentang petani rumput laut, saya yang suka sekali jalan-jalan (apalagi gratis..tis..tis) tentunya ga nolak heheee..itung-itung bantu teman dan bu dosen, plus jadi tau yang namanya Nusa Lembongan. Karena waktunya singkat (hanya 3 hari 2 malam), jadilah jadwal diatur sebaik mungkin agar penelitian dan jalan-jalan kami sukses semuanya :))

Nusa Lembongan...!!yaaayyy
Hari 1. Kami berangkat dari pantai Sanur, menyebrang dengan jukung selama kurang lebih 1 jam akhirnya sampai di Nusa Lembongan!! yaayyyy... Lihat air lautnya yang bening dengan warna biru yang cuaaaantikk rasanya tuh kaya di surga gitu (*lebay mode on) - take a look this pic.............................
Mengangkut hasil panen
Nusa Lembongan masih termasuk wilayahnya Kabupaten Klungkung, Bali. Letaknya di sebelah tenggara Pulau Bali, dipisahkan oleh Selat Badung. Sebagian besar warganya memang bermata pencaharian sebagai petani rumput laut. Jadi, kegiatan di hari pertama kami fokuskan untuk melakukan survey ke petani rumput laut di Desa Jungut Batu - sekitar penginapan. Kebetulan banyak yang sedang panen siang itu, jadi kami bisa melihat kegiatan mereka. Jenis rumput laut yang banyak dibudidayakan di Nusa Lembongan adalah jenis Euchema cottoni dan Euchema spinosum. Kedua jenis ini merupakan rumput laut penghasil karagenan. Para petani biasanya menjual hasil panen mereka kepada pengepul. Namun, ada pula kelompok-kelompok tani atau koperasi yang menampung hasil panen anggotanya untuk dijual secara berkelompok.
Yuuuk lanjut lagi...setelah seharian survey dan berkenalan dengan rumput laut, kami ga mau melewatkan hari pertama tanpa merasakan ombak dan pantainya. Jadilah malam itu temanya 'bermain air' hehehee..kaya anak kecil ga pernah liat laut. Rasanya bebas banget, lepas dan jauh dari rutinitas sehari-hari :) tapi setelah itu lanjut lagi PR untuk merangkum hasil survey.
Hari 2. Hari kedua adalah hari yang paling kami tunggu-tunggu...kenapa??saatnya JALAN-JALAN :) pagi-pagi kami sudah bersiap, sambil menunggu tour guide kami membawakan motor pinjaman untuk kami gunakan berkeliling seharian huhuuuuuy.. Olehnya kami diajak ke beberapa spot terbaik, yang paling saya ingat adalah Gala-gala Underground House dan Dream Beach yang keren banget.
Inside Gala-gala Underground House
Gala-gala underground house atau gua Gala-gala ini adalah sebuah gua yang menurut cerita dibuat oleh seorang manusia. Di dalam gua terdapat ruangan-ruangan selayaknya rumah tinggal, ada tempat tidur, tempat mandi, dan sebagainya..liat aja nih fotonya
Next destination...The Dream Beach, tebing laut yang mengingatkan dengan Water Blow di Nusa Dua, tapi yang ini lebih indah lebih keren lebih wooowww. Tempatnya agak di pelosok gitu, jadi cuma ada kita di sana - serasa punya sendiri hihihiii. Setiap kali ombak berdebur di dinding tebing jadi ada pelangi......Paradiso
Rainbow at Dream Beach
Selain Gala-gala dan Dream Beach, kami juga diajak ke beberapa pantai berpasir putih, tapi saya tidak ingat lagi nama-namanya hehehee..Sambil jalan-jalan, kami tetap melakukan survey ke petani-petani rumput laut. Tidak hanya di pulau Nusa Lembongan, kami juga sampai ke Nusa Ceningan. Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dihubungkan dengan sebuah jembatan, jadi bisa langsung cuuuuzzzz naik motor ke Nusa Ceningan.

Hari 3. Time to go home. Sudah waktunya kami kembali ke Denpasar. Pagi itu langit agak mendung, angin yang bertiup juga agak kencang, sempat khawatir juga naik perahu. Air laut di sisi perahu terlihat lebih tinggi, mulai hujan rintik-rintik lagi, jadi selama penyebrangan saya ga bisa berhenti berdoa mohon keselamatan. Akhirnya kami selamat sampai di Sanur kembali...hufffft...terima kasih Tuhan :) walaupun kadang ngeri sendiri mikir nyebrang ke sana, tapi saya tetap ingin datang lagi..... unforgotten Nusa Lembongan